Pendidikan Dan Pengajaran

Pendidikan dan pengajaran Sekolah Dasar

CONTOH RPP PAI SD

Di dalam Proses Belajar dan mengajar di Sekolah dasar seorang guru layaknya mempersiapkan materi apa yang akan di ajarkan pada jam tertentu. untuk itu guru harus mempersiapkan sebuah rencana untuk pelaksanaan dalam proses pembelajaran yang sering disebut dengan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Berikut ini saya berikan sebuah Contoh RPP SD kelas V semester 2:  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam

Kelas / Smester : V / II

Alokasi Waktu : 12 JP ( 4 x Pert )

Hari / Tanggal :

Standar Kompetensi              : Mengenal Rasul-rasul Allah

Kompetensi Dasar                    : Menyebutkan nama-nama Rasul Allah

Menyebutkan nama-nama Rasul Ulul Azmi dari para rasul

I. Tujuan Pembelajaran         : Melalui kegiatan pembelajaran, siswa dapat:

Menyebutkan pengertian Nabi dan Rasul

Mengetahui tugas-tugas Rasul

Menyebutkan nama-nama Rasul yang 25 dan Rasul Ulul Azmi

Meyakini akan keberadaan Rasul sebagai utusan Allah, serta mengikuti sunah-sunahnya sebagai wujud pengamalan dalam kehidupan sehari-hari

II.Indikator :

Menjelaskan pengertian Nabi dan Rasul

Menyebutkan nama-nama Nabi dan Rasul yang 25

Memahami isi dalil yang menerangkan tentang rasul

Menjelaskan pengertian Ulul Azmi

Menyebutkan nama-nama Rasul Ulul Azmi

Menyebutkan mukjizat yang diterima Rasul Ulul Azmi

Menjelaskan perbedaan Nabi dan Rasul

III.Materi Ajar :

Nabi dan Rasul adalah utusan Allah untuk menyampaikan wahyu kepada umatnya dan menuntun manusia kejalan yang benar. Jumlahnya ada 25 yang wajib diketahui dan di imani oleh setiap muslim. Diantara yang 25 itu ada 5 orang yang termasuk Ulul Ajmi, yaitu; Nabi Nuh, Nabi Ibrahim, Nabi Musa, Nabi Isa dan Nabi Muhammad SAW. Dalil yang menerangkan tentang Nabi dan Rasul adalah QS An Nisa; 165, QS Fathir; 24 dan Al Ahqof; 35.

IV.Metode Pembelajaran :

Tanya jawab, ceramah, diskusi, penugasan

V.Langkah Pembelajaran :

Pertemuan I

Kegiatan Awal :

Mengucapkan Salam, Basmallah dan Do’a

Mengkondisikan siswa dalam situasi belajar dan meminta siswa unttuk menyiapkan Iqra dan Buku PAI

Membaca dan menyalin Iqra sebanyak 2 baris

Menggali pengetahuan siswa dan mengajukan pertanyaan tentang Nabi dan Rasul

Kegiatan Inti :

Guru meminta siswamenyebutkan nama-nama Nabi yang telah mereka ketahui

Penjelasan materi tentang pengertian Nabi dan Rasul serta jumlah Nabi dan Rasul yang wajib diketahui

Tanya Jawab tentang pengertian Nabi dan Rasul, jumlahnya, serta tugas-tugasnya

Kegiatan Akhir:

Sebelum menutup kegiatan, siswa membuat kesimpulan dan mencatatnya dibuku masing-masing

Guru memberi tugas kepada siswa untuk menyalin Nama-nama nabi dan Rasul dan 25

Kegiatan ditutup dengan ucapan Hamdalah, Doa dan Salam.

Pertemuan II (    –   -2009)

Kegiatan Awal :

Mengucapkan Salam, Basmallah dan Do’a

Mengkondisikan siswa dalam situasi belajar dan meminta siswa unttuk menyiapkan Iqra dan Buku PAI

Membaca dan menyalin Iqra sebanyak 2 baris

Guru meminta siswa mengumpulkan PR

Mengulas materi yang telah disampaikan sebelumnya

Kegiatan Inti :

Secara klasikal kemudian perkelompok siswa menyebutkan nama-nama Nabi dan Rasul

Diskusi kelompok tentang pengertian Nabi dan Rasul serta tugas-tugasnya

Siswa mencatat hasil diskusi dengan bahasa masing-masing

Kegiatan Akhir:

Sebelum menutup kegiatan, guru dan siswa membuat kesimpulan

Siswa diberi tugas untuk mengerjakan soal latihan LKS

Kegiatan ditutup dengan ucapan Hamdalah, Doa dan Salam.

Pertemuan III

Kegiatan Awal :

Mengucapkan Salam, Basmallah dan Do’a

Mengkondisikan siswa dalam situasi belajar dan meminta siswa unttuk menyiapkan Iqra dan Buku PAI

Membaca dan menyalin Iqra sebanyak 2 baris

Guru meminta siswa mengumpulkan PR

Mengulas materi yang telah disampaikan sebelumnya

Kegiatan Inti :

Secara klasikal kemudian perkelompok siswa menyebutkan nama-nama Nabi dan Rasul yang 25

Penjelasan materi tentang pengertian Nabi dan Rasul Ulul Azmi serta nama-nama Rasul yang termasuk Ulul Azmi

Tanya Jawab tentang pengertian Nabi dan Rasul Ulul Azmi serta nama-nama Rasul yang termasuk Ulul Azmi

Siswa diminta maju kedepan, untuk Nabi dan Rasul Ulul Azmi serta nama-nama Rasul yang termasuk Ulul Azmi

Kegiatan Akhir:

Sebelum menutup kegiatan, guru dan siswa membuat kesimpulan

Siswa diberi tugas untuk mengerjakan soal latihan LKS

Kegiatan ditutup dengan ucapan Hamdalah, Doa dan Salam.

Pertemuan V( 00-00-2009)

Kegiatan Awal :

Mengucapkan Salam, Basmallah dan Do’a

Mengkondisikan siswa dalam situasi belajar dan meminta siswa unttuk menyiapkan Iqra dan Buku PAI

Membaca dan menyalin Iqra sebanyak 2 baris.

Siswa diminta mengumpulkan Siswa diminta mengumpulkan PR

Kegiatan Inti :

Guru menerangkan sekilas Rasul Allah dan Rasul yang termasuk Ulul Azmi

Siswa mengerjakan Tes tertulis

Kegiatan Akhir:

Kegiatan ditutup dengan ucapan Hamdalah, Doa dan Salam

VI. Alat Dan Sumber Pembelajaran :

Iqra, Buku PAI CV Regina, Buku PAI Penerbit Erlangga, Buku Tajwid, LKS Arif Istiqomah, Sidiq

Gambar

VII.Penilaian:

Tes tertulis mengerjakan soal-soal ulangan harian

Penilaian Proses secara lisan

Mengetahui,                                                               Cimareme, ………….

Kepala Sekolah                                                            Guru Pendidikan Agama Islam

23 December 2009 - Posted by | SILABUS dan RPP SD | , , ,

1 Comment »

  1. maaf …, apa waktunya gak kebanyakan, tapi isinya saya sanga setuju, semoga bermanfaat

    Comment by hanafi | 26 January 2010 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: